Manfaat Makan Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

Oatmeal adalah salah satu dari sereal yang paling banyak disukai oleh kebanyakan orang. Manfaat utama dari oatmeal adalah dapat dibuat dalam hanya beberapa menit saja. Jika kamu sedang terburu-buru berangkat kerja, kamu hanya membutuhkan  microwave dan oatmeal sarapan sehat yang kamu butuhkan sudah siap. Jika membuatnya di atas kompor, oatmeal akan masak dalam waktu 10 menit.

khasiat dan Manfaat Makan Oatmeal Untuk Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa
Foto: acozykitchen.com

Belakangan ini banyak para praktisi medis dan ahli gizi mendorong para pasien yang menderita penyakit diabetes dan jantung untuk mengonsumsi oatmeal, terutama karena manfaatnya dalam membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol tetap normal. Selain mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi, oatmeal juga mempunyai kandungan protein, magnesium, fosfor dan vitamin B1, yang berperan penting dalam memproduksi energi. Secangkir oatmeal saja mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel. Berikut ini beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Kenyang lebih lama
Oatmeal bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama jika dibanding dengan menu sarapan lain. Tingginya kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dapat menahan kamu dari ngemil yang berlebihan sebelum waktu makan siang tiba. Dari sebuah studi yang dilakukan pada  tahun 2014 yang diterbitkan Nutrition Journal menunjukkan bahwa peserta yang memakan oatmeal mengaku merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang memakan sereal dengan porsi yang sama.

Menurunkan kolesterol
Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya akan serat larut, yang juga ditemukan pada bauah-buhan seperti apel, pir dan prunes. Serat larut yang terdapat pada oatmeal dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL atau yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal dapat mengandung lebih dari 5 gram serat, yang cukup untuk menurunkan tingkat kolesterol kamu.

Mengurangi risiko kanker usus
Makanan yang tinggi akan serat sudah terbukti mengurangi risiko penyakit kanker kolorektal. Seperti yang pernah dipublikasikan oleh British Medical Journal tahun 2011, orang yang mengkosumsi 90 gram biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 20 persen daripada yang tidak.

Melindungi jantung
Oatmeal memiliki kandungan lignan yang merupakan senyawa kimia yang bisa melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti jantung. Selain itu lignan juga dapat ditemui pada beberapa makanan lain seperti pada aprikot, brokoli dan biji rami.

Tidak mahal
Selain mudah untuk didapatkan, harga oatmeal yang dijual juga tidak terlalu mahal. Tidak perlu untuk mengeluarkan uang banyak, kamu bisa puas untuk mendapatkan oatmeal. Tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bagi kantong kamu.

Mencegah pengerasan arteri
Avenanthramides tidak hanya mampu melindungi kamu dari penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini mampu untuk mencegah dinding arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan cara menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita menopause yang memakan 6 porsi serealia utuh dalam seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis.

Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari pembuluh darah arteri menjadi menyempit. Manfaat oatmeal untuk kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

Mencegah perkembangan kanker payudara
Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi akan serat dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara, terutama yang berasal dari serat gandum. Serat tidak larut yang terdapat dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh kita dari perkembangan kanker. Studi di Inggris menemukan bahwa wanita yang pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41% hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

Mengurangi risiko hipertensi
Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Oatmeal merupakan rekomedasi yang baik untuk wanita menopause, yang cenderung berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, harus makan setidaknya 6 porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya.  Sebuah studi menunjukkan bahwa pria dapat bisa mengurangi risiko terkena gagal jantung jika mereka memakan satu mangkuk sereal oatmeal setiap hari secara rutin.

Mencegah pengembangan diabetes
Selain kaya akan serat, oatmeal juga merupakan sumber magnesium, yang mampu untuk mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama 8 tahun, wanita yang makan diet menggunakan oatmeal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31%. Untuk mendapatkan manfaat oatmeal yang optimal, kamu bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak mampu menurunkan risiko diabetes.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Oatmeal memiliki beberapa jenis serat yang disebut dengan beta-gluten serat. Karena serat ini mampu untuk melindungi kamu terhadap penyakit jantung dan menaikan sistem imunitas tubuh. Hal ini sangat membantu sel-sel kekebalan tubuh untuk mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Bisa di konsumsi untuk pasien celiac
Dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit celiac umumnya tidak bisa untuk mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ), namun riset telah menunjukkan bahwa mereka bisa memakan oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten. Penyakit Celiac adalah sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.

Tips membuat sarapan oatmeal agar tidak membosankan
Banyak orang yang berfikir sarapan dengan oatmeal akan membosankan. Padahal, jika kamu kreatif, makan oatmeal akan mempunyai banyak variasi rasa yang dapat digunakan. Oatmeal akan cocok bila dicampur dengan beberapa makanan lain yang akan menambah rasa dan selera. Kamu bisa menambahkan dengan beberapa bahan makanan lain seperti Alpukat, stroberi, pisang, telur, irisan daging dan banyak lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »