5 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Sariawan tentu sangat mengganggu bagi anda, karena sariawan anda susah untuk melakukan aktifitas seperti makan dan minum. Sembelit, perubahan hormone dalam tubuh, kelebihan keasaman, gigitan yang tidak disengaja, stres, sampai kekurangan vitamin C atau B, bahkan zat besi merupakan beberapa penyebab terkena sariawan.
Dilansir dari Top 10 Home Remedies, Jumat (10/7), berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat mengobati sariawan:

Daun Kemangi
Daun kemangi merupakan salah satu daun yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Anda cukup mencuci empat atau lima daun kemangi secara menyeluruh. Kunyahlah daun tersebut untuk beberapa saat lantas buanglah. Segeralah berkumur setelah itu. Lakukan ini sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. Selain bisa menyembuhkan sariawan, kemangi dapat membuat mulut Anda menjadi wangi.

Es batu
Es batu juga sangat efektif untuk mengobati sariawan. Karena es batu efektif untuk mematikan rasa sakit sariawan. Anda dapat meletakkan es batu di luka sariawan saat lukanya benar-benar "membara". Hanya saja, mungkin es batu sebatas meredakan nyerinya, namun tidak mempercepat penyembuhan.

Akar Licorice
Akar licorice mampu menawar rasa sakit dan membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir yang tahan iritasi dan menenangkan luka terbuka. Bahan yang disebut di Indonesia dengan sebutan akar manis ini, juga memiliki sifat anti-inflasmi dan antimikroba. Anda cukup merendam satu sendok makan akar licorice yang sudah ditumbuk sampai hancur, ke dalam dua cangkir air selama dua sampai tiga jam. Lantas, gunakan sebagai obat kumur selama beberapa kali dalam satu hari. Kalau tidak menemukan bahan dasarnya, anda bisa mendapat ekstraknya dengan nama licorice deglycyrrhizinated (DGL) dalam bentuk tablet kunyah. Bisa juga ekstrak ini di larutkan dalam air hangat.

Ketumbar
Ketumbar bisa mengurangi peradangan sariawan. Anda cukup merebus satu sendok teh biji ketumbar dalam secangkir air. Saring dan biarkan dingin. Lantas berkumurlah dengan air saringan tersebut. Lakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

Baking soda
Natrium bikarbonat ini dapat mengatasi sariawan karena sifatnya mampu menetralisir asam. Selain itu, baking soda bisa mengurangi peradangan dan menghilangkan kuman ataupun bakteri. Namun, Anda juga perlu berhati-hati, sensasinya bisa seperti terbakar. Anda cukup mencampur satu sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk mengubahnya menjadi pasta. Oleskan di luka sariawan. Ulangi beberapa kali sehari. Atau Anda dapat menempatkan baking soda langsung pada luka sariawan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »