8 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Anda

8 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jahe banyak digunakan sebagai untuk bahan memasak, obat-obatan, serta manufaktur selama berabad-abad silam. Jahe merupakan tanaman serba guna yang mudah didapat dalam berbagai bentuk mulai dari bubuk, dikeringkan, fresh, bahkan minyak maupun jus.

Jahe juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, B-vitamin, magnesium, potassium, fosfor, silikon, zat besi, sodium, kalsium, zinc, dan beta karoten. Berikut ini merupakan manfaat mengkonsumsi jahe untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun
Dengan mengkonsumsi jahe setiap hari dapat menjaga Anda dari pilek maupun flu ketika musim dingin tiba. Tanaman ini kaya akan kandungan zinc, kromium, dan magnesium yang membantu menstimulasi peredaran darah dan mengurangi kedinginan, sesak nafas, serta demam. Kinerja jahe bersama teh juga dapat meningkat dengan menambahkan lemon.

2. Menyedapkan makanan
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat serbaguna. Jahe juga bisa ditambahkan pada dessert, makanan utama, serta minuman. Untuk sebagian besar orang Asia, jahe sangat umum digunakan dalam bumbu dapur, namun untuk sebagian orang, jahe dapat digunakan untuk membakar maupun memanggang makanan.

3. Bantu turunkan berat badan
Anda dapat dengan sangat mudah mengurangi konsumsi makanan dan mengurangi berat badan dengan menambahkan jahe ke dalam menu diet. Jahe memberikan rasa kenyang sehingga jumlah kalori pun berkurang. Jahe juga dipercaya menjadi penekan rasa lapar dan nafsu makan yang alami.

4. Jahe si afrosidiak yang kuat
Jahe telah digunakan sebagai sumber afrosidiak yang kuat selama beribu-ribu tahun. Jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas dan sirkulasi.  Afrosidiak sendiri merupakan sebuah zat peningkat libido di dalam tubuh.

5. Melancarkan peredaran darah
Manfaat jahe yang kelima adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama dari penyakit stroke dan serangan jantung.

6. Mengobati migrain
Dari sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

7. Mengatasi rematik
Dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit rematik atau encok dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe merah. Cara menggunakannya sangat mudah, rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, kemudian air rebusan diminum dua kali sehari.

8. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Kandungan dalam jahe merah sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah atau LDL. Kolesterol jahat yang ada didalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu khasiat dari jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur.

Jahe memang memiliki sangat banyak manfaatnya, tapi perlu diperhatikan bagi Anda penderita maag akut jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan dalam jahe merah sangat kuat dan dapat menyebabkan lambung terasa terbakar. Jadi, untuk Anda yang menderita sakit maag, jangan minum air jahe merah atau mengkonsumsinya terlalu banyak. Sebab, bukan manfaat jahe merah yang akan Anda dapat tapi malah sakit yang semakin parah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
January 28, 2016 at 6:03 AM delete

HERBADREAM SOLO : 085702118190
Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bandotan/bandhotan/babadotan/wedusan, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

Reply
avatar